Garis Hijau Di Layar Hp Samsung Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apakah kalian saat ini sedang mengalami garis hijau di layar hp samsung kalian? Masalah ini memang cukup mengganggu, terutama saat kalian sedang atau akan menggunakan hp untuk mengerjakan pekerjaan atau sekadar browsing di internet.

Garis hijau di layar hp samsung bisa muncul karena berbagai faktor, seperti kerusakan hardware, masalah pada sistem operasi, atau kesalahan pengguna seperti salah pencet dan akhirnya mengaktifkan fitur talkback.













Garis hijau di layar hp samsung adalah masalah yang kerap dialami oleh pengguna hp samsung. Garis hijau ini bisa muncul secara tiba-tiba, baik di bagian atas, tengah, atau bawah, bahkan samping layar hp kalian.

Gari hijau ini memang akan membuat tamilan menjadi kurang bagus dan kalau dibiarkan lama-lama bisa melebar. Namun ada juga masalah garis hijau di layar hp samsung itu karena disebabkan fitur talkback, ciri kalau fitur ini aktif adalah layar susah di geser dan muncul suara google asisten.

Nah sebaiknya sebelum kalian memutuskan membawanya ke service center untuk di perbaiki ada baiknya mencoba terlebih dahulu beberapa tips berikut ini.

Karena bisa jadi masalah tersebut bisa kalian atasi sendiri, baru kalau tidak bisa kalian bisa membawanya ke service center karena kalau langsung takutnya masalahnya hanya sepele kan kalian sendiri yang merasa.

Pada artikel berikut ini saya berikan beberapa tips untuk mengatasinya, namun sebelumnya kalian musti tahu beberapa penyebabnya dulu.


Penyebab Garis Hijau Di Layar Hp Samsung

Penyebab garis hijau di layar hp samsung bisa bervariasi, tergantung dari faktor apa yang menyebabkannya. Beberapa penyebab garis hijau di layar hp samsung antara lain:


1. Kerusakan pada hardware

Penyebab yang pertama garis hijau di layar hp samsung bisa muncul akibat kerusakan pada bagian hardware, seperti kabel fleksibel, LCD, atau motherboard.


Kerusakan pada hardware ini bisa terjadi karena penggunaan HP yang terlalu lama, jatuh, atau terkena air. Seringnya sih biasanya karena benturan atau rusaknya bagian LCD.

2. Masalah pada sistem operasi

Sistem operasi yang sudah lama tidak diperbarui atau banyak bug misalnya juga bisa menjadi penyebab munculnya garis hijau di layar hp samsung. Masalah pada sistem operasi ini bisa diatasi dengan melakukan update sistem atau menginstal ulang sistem operasi.


3. Kesalahan pengguna

Kesalahan pengguna, seperti menginstal aplikasi yang tidak kompatibel dengan hp samsung atau menekan tombol secara berlebihan, juga bisa menyebabkan garis hijau di layar hp samsung.

Biasanya seringnya karena salah pencet dan akhirnya fitur talkback ini aktif, ini karena fitur talkback aktif pasti memunculkan garis hijau, kadang birus dan lainya.

Ciri yang menjadi penyebabnya talkback aktif adalah layar hp samsung kalian susah di geser, ditekan dan muncul suara-suara google.


Cara Mengatasi Garis Hijau Di Layar Hp Samsung

Nah bagi kalian yang sedang mengalami masalah diatas, berikut ini adalah beberapa tips cara mengatasi yang bisa kalian terapkan di hp samsung:


1. Coba Restart HP Samsung

Langkah pertama yang dapat kalian lakukan adalah merestart hp samsung kalian. Ini dapat membantu memperbaiki masalah pada sistem operasi yang mungkin menyebabkan munculnya garis hijau di layar hp samsung.


Untuk restart hp samsung caranya cukup mudah, tekan dan tahan tombol power hingga muncul opsi daya, nah baru setelah itu kalian pilih opsi Mulai ulang atau Restart.

2. Cek Kabel Fleksibel Layar

Garis hijau di layar hp samsung juga bisa muncul karena kabel fleksibel yang rusak atau terlepas dari motherboard. Untuk memeriksanya, kalian bisa membuka hp samsung kalian dan memeriksa kondisi kabel fleksibel tersebut.


Jika rusak, kalian perlu menggantinya dengan yang baru. Namun saya sarankan jangan melakukan jika kalian belum pernah melakukanya, cara ini bisa dilakukan bagi kalian yang sudah profesional atau memang biasa melakukanya.


3. Matikan Fitur TalkBack Samsung atau Voice Assistant

Nah masalah yang kalian sedang alami tersebut seringnya karena fitur talkback atau voice assistant itu aktif sehingga muncul garis hijau di layar hp samsung.


Jika fitur talkback ini aktif tandanya adalah adalah muncul suara google setiap kali kalian menekan layar, jika demikian maka kalian hanya perlu mematikan fitur itu saja maka masalah selesai.


Untuk memilih menu ketika fitur talkback aktif itu beda dengan saat hp normal, saat fitur ini aktif kalian harus menggunakan dua jari untuk menggeser layar dan ketuk satu kali lalu ketuk dua kali untuk memilih menu atau aplikasi.


Berikut adalah langkah-langkahnya:


  1. Langkah pertama buka aplikasi pengaturan dengan ketuk satu kali aplikasi pengaturan lanjut ketuk dua kali.
  2. Jika sudah terbuka silahkan kalian gulir layar ke bawah dengan menggunakan dua jari.
  3. Pilih di menu bernama Aksesibilitas.
  4. Jika sudah, lanjut pilih opsi Pembaca Layar.
  5. Nah disitu akan ada opsi Voice assistant, silahkan kalian ketuk satu kali dan ketuk dua kali untuk mematikan fiturnya.
  6. Maka setelah itu kalian bisa menggunakan hp samsung kembali dengan normal.

Nah jika kalian tidak sengaja mengaktifkanya maka kalian bisa menggunakan metode cepat yakni dengan menekan kedua tombol volume bawah dan atas bersamaan maka fitur talkback akan mati.


4. Perbarui sistem operasi
Sistem operasi yang sudah lama tidak diperbarui atau dilakukan update karena mungkin kalian tidak tahu atau memang membiarkan saja juga bisa menjadi penyebab munculnya garis hijau di layar hp samsung.

Kalian dapat melakukan update sistem operasi hp samsung kalian dengan cara masuk ke pengaturan dan mencari opsi update sistem. Pastikan hp samsung kalian terhubung dengan koneksi internet yang stabil saat melakukan update sistem.

5. Ganti layar atau Service
Jika garis hijau di layar hp samsung tetap muncul setelah melakukan beberapa cara di atas, mungkin saja layar hp samsung kalian yang mengalami masalah.

Kalian dapat membawa hp samsung kalian ke service center resmi samsung ataua reparasi hp biasa juga tidak masalah untuk memperbaiki atau mengganti layar yang rusak.

Akhir Kata
Demikian informasi tentang garis hijau di layar hp samsung beserta penyebab dan cara mengatasinya. Kesimpulanya, ketika kalian mengalami masalah garis hijau di layar hp samsung, jangan panik dan lakukan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas.

Jika masalah terus berlanjut, segera membawanya ke service center atau reparasi hp biasa untuk mendapatkan perbaikan lebih lanjut, semoga bisa bermanfaat.

Komentar